Atlantis (1) Kota Misterius yang Abadi

Membahas Atlantis..? kayaknya bosen yah bagi yang udah pernah surfing masalah ini. So aku mau memberi tau yang belum tentang ini. Ada yang bilang Kota Atlantis itu mitos, tapi ada juga yang bilang Kota Atlantis itu nyata. Mana yang benar? Yuk kita bahas mengenai kota ini.

Oh iya masalah tentang Kota Atlantis ini aku buat jadi beberapa part, karena banyak yang harus dibahas mengenai kota yang unik ini. Gak usah banyak ‘lips service’ langsung aja kita bahas kota yang misterius ini

Mitos tentang Peradaban Atlantis pertama kali dicetuskan oleh seorang filsafat Yunani kuno bernama Plato (427 – 347 SM) dalam buku Critias dan Timaeus.

Dalam buku Timaeus, Plato menceritakan bahwa "Dihadapan selat Mainstay Haigelisi, ada sebuah pulau yang sangat besar, dari sana kalian dapat pergi ke pulau lainnya,
di depan pulau-pulau itu adalah seluruhnya daratan yang dikelilingi laut samudera, itulah kerajaan Atlantis. Ketika itu Atlantis baru akan melancarkan perang besar dengan Athena, namun di luar dugaan, Atlantis tiba-tiba mengalami gempa bumi dan banjir, tidak sampai sehari semalam,  kota ini tenggelam ke dasar laut, negara besar yang melampaui peradaban tinggi, lenyap dalam semalam"

Dibagian lain pada buku Critias, adik sepupu dari Critias mengisahkan tentang Atlantis. Critias adalah murid dari ahli filsafat Socrates, tiga kali ia menekankan keberadaan Atlantis dalam dialog. Kisahnya berasal dari cerita lisan Joepe yaitu moyang lelaki Critias, sedangkan Joepe juga mendengarnya dari seorang penyair Yunani bernama Solon (639-559 SM).
Solon adalah orang yang paling bijaksana di antara 7 mahabijak Yunani kuno, suatu kali ketika Solon berkeliling Mesir, dari tempat pemujaan makam leluhur mengetahui legenda Atlantis.

Garis besar kisah buku tersebut adalah 'ada sebuah daratan raksasa di atas Samudera Atlantik arah barat Laut Tengah yang sangat jauh, yang bangga dengan peradaban menakjubkan. Ia menghasilkan emas dan perak yang tak terhitung banyaknya. Istana dikelilingi oleh tembok emas dan dipagari oleh dinding perak. Dinding tembok dalam istana bertahtakan emas, cemerlang dan megah. Di sana, tingkat perkembangan peradabannya memukau orang. Memiliki pelabuhan dan kapal dengan perlengkapan yang sempurna, juga ada benda yang bisa membawa orang terbang. Kekuasaannya tidak hanya terbatas di Eropa, bahkan jauh sampai daratan Afrika. Setelah dilanda gempa dahsyat,
tenggelamlah kota ini ke dasar laut beserta peradabannya, juga hilang dalam ingatan orang-orang'

Kalo dibaca dari sepenggal kisah diatas maka kita mesti berpikiran bahwa Atlantis merupakan sebuah peradaban yang sangat memukau. Dengan teknologi dan ilmu pengetahuan pada waktu itu sudah menjadikannya sebuah bangsa yang besar dan mempunyai kehidupan yang makmur.

                                                                                                                                                                                 

Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment